Shopee 11.11 Big Sale: Mendukung dan Melestarikan Kekayaan Budaya Lokal

0
116

Makronesia.id, JakartaSebagai bangsa Indonesia, kita memiliki tanggung jawab untuk mendukung dan melestarikan kekayaan budaya lokal. Saat ini, inovasi yang menggabungkan potensi budaya dengan tren yang relevan bagi generasi muda berhasil menghasilkan produk lokal berkualitas yang disukai masyarakat. Produk lokal kini hadir dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari kain tradisional, kuliner lokal, hingga musik pop berlirik sastra Indonesia.

Kecintaan masyarakat terhadap produk lokal bukan hanya mencerminkan perubahan pola konsumsi, tetapi juga merupakan bukti komitmen yang semakin kuat dalam melestarikan dan menghargai warisan budaya Indonesia. Sebagai bagian dari kampanye Shopee 11.11 Big Sale, Basboi (Public Figure & Rapper) dan Annisa Pratiwi (CMO Ladang Lima) berbagi kisah sukses dan perjalanan mereka dalam menggali potensi budaya Nusantara melalui karya yang menggabungkan nilai budaya lokal dengan cara yang modern dan kreatif.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, menyatakan, “Shopee selalu berupaya menjadi wadah untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia dan mengajak pengguna untuk melestarikannya melalui produk dari brand lokal dan UMKM. Dengan memilih produk lokal, masyarakat tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga aktif dalam menjaga dan memperkaya warisan budaya. Melalui acara ini, kami berharap dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi pengguna untuk mendukung produk lokal yang mencerminkan keberagaman budaya Indonesia sepanjang kampanye Shopee 11.11 tahun ini.”

Mengenalkan Kekayaan Alam Indonesia melalui Ladang Lima

Ladang Lima, yang berdiri pada tahun 2013, adalah brand lokal pertama yang menghadirkan makanan sehat berbahan dasar singkong. Annisa Pratiwi, CMO Ladang Lima, berbagi bahwa setelah riset selama setahun, Ladang Lima menemukan bahwa hasil olahan singkong dapat menjadi tepung terigu berbahan dasar singkong yang gluten-free dan sehat. Ladang Lima memanfaatkan singkong dari petani lokal di Pasuruan dan Malang, daerah penghasil singkong terbesar di Indonesia.

Annisa Pratiwi menjelaskan, “Kami ingin menunjukkan bahwa bahan baku lokal bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan diet gluten-free dan memiliki kualitas setara dengan produk impor. Respon positif dari masyarakat membawa kami terus berkembang. Dari satu varian produk Tepung Singkong (Mocaf), kini kami mengembangkan inovasi produk lainnya seperti cookies gluten-free, mie gluten-free, pasta singkong, dan tepung premiks lainnya.”

Ladang Lima berkomitmen pada ketahanan pangan Indonesia dan memberdayakan perempuan di sekitar kebun dan pabrik mereka. Annisa Pratiwi mengakui peran penting Shopee dalam membantu Ladang Lima tumbuh dan mendapatkan eksposur yang luas. “Melalui Shopee, Ladang Lima dapat menjual dan memperkenalkan produk kami kepada jangkauan pengguna yang luas, bahkan ke pelosok daerah. Pengguna Shopee sangat menyukai produk kami, terutama cookies gluten-free, menjadikan Shopee sebagai saluran penjualan cookies Ladang Lima terbanyak. Program dan kampanye Shopee juga membantu Ladang Lima tumbuh dan meningkatkan transaksi, dengan penjualan yang meningkat hingga 2 kali lipat setiap tahun.”

Basboi: Menyampaikan Budaya Lokal melalui Karya Modern

Baskara Rizqullah, atau Basboi, seorang rapper yang menciptakan lagu-lagu berbahasa Indonesia, menceritakan inspirasinya dari kekayaan budaya Indonesia. Basboi ingin memperkenalkan keunikan budaya dan tradisi lokal melalui karya-karyanya. Selain dalam musik, Basboi juga menampilkan keunikan budaya Nusantara melalui dunia fesyen. Ia aktif memadukan produk fesyen lokal dengan tren terkini sebagai bentuk dukungan kepada desainer fesyen lokal.

Basboi menyatakan, “Dengan menggunakan Bahasa Indonesia, saya percaya dapat membawa kekayaan budaya kita ke panggung dunia secara otentik. Shopee membantu saya mencari produk lokal berkualitas, seperti pakaian dan aksesori untuk manggung, perlengkapan rumah, dan kebutuhan lainnya. Di Shopee, saya dapat menemukan produk lokal dengan mudah, termasuk kuliner khas daerah asal saya. Shopee menjadi teman setia dalam mencari kebutuhan produk lokal, ditambah dengan promo-promo menariknya, seperti Gratis Ongkir, sehingga saya bisa belanja dimana saja dan darimana saja!”

Melalui Shopee 11.11 Big Sale, pengguna memiliki kesempatan untuk mendukung dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia melalui berbagai penawaran terbaik, program menarik, dan kemudahan belanja. Ayo, raih produk lokal favoritmu dengan Gratis Ongkir Rp0, Shopee Live Diskon Murah, dan Big Flash Sale hingga 11 November 2023. (EHS-01)

Artikulli paraprakPemimpin GEAPP Tekankan Pentingnya Melibatkan Prinsip Keberlanjutan dan Komunitas Lokal dalam Transisi Energi di Indonesia
Artikulli tjetërKemenkes dan Takeda Gelar Kegiatan “Langkah Bersama Cegah DBD”, Soroti Pentingnya 3M Plus dan Vaksin DBD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini