Makronesia, Jakarta – Saat ini, dunia fashion lokal di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat yang signifikan. Tren fashion yang terus berputar, menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha lokal untuk berkreasi dan bergerak bersama konsumen. Begitu pula yang dirasakan oleh Khairul Gani, pemilik brand fashion lokal Gonegani.
Brand yang berfokus pada knitwear dengan desain modern dan nyaman itu telah berhasil memperkuat potensi nya dengan strateginya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.
Khairul Gani, Pendiri dan CEO Gonegani menyampaikan, “Sejak awal hadir di tengah masyarakat, kami berfokus untuk menciptakan produk fashion yang stylish, nyaman, dan pastinya berkualitas tinggi di Gonegani. Ketika Gonegani memutuskan masuk ke pasar online pada 2021, kami mencoba memetakan strategi dan inovasi apa saja yang bisa kami manfaatkan untuk mendorong penjualan secara online ini.”
Saat bergabung dengan Shopee, lanjut Gani, brand-nya sudah melihat bahwa adanya potensi yang dapat dioptimalkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee. Mulai dari mengikuti kampanye angka kembar hingga mengoptimalkan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live & Video, untuk bergerak bersama dengan perilaku belanja konsumen yang perlahan berubah.
“Dampak positif yang terlihat sejak kami mulai aktif melakukan live streaming di Shopee Live, dimana terdapat peningkatan pesanan lebih dari 70 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” ungkapnya.
Banyaknya keberhasilan yang sudah Gonegani capai menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Disampaikan Gani, riset pasar menjadi kunci utama yang selalu dilakukan ia dan tim untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis.
“Mulai dari mempelajari tren-tren fashion yang tidak hanya digemari tapi juga dibutuhkan oleh pasar Indonesia, hingga bergerak dengan perkembangan perilaku belanja dimana masyarakat cenderung memilih cara berbelanja yang mudah dan dapat langsung bertanya melalui live streaming” jelasnya.
Gonegani di Shopee Live dan proses produksi
Selain itu, Gani menegaskan interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, brand Gonegani bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi.
“Konsumen lebih mudah melihat kualitas produk, bertanya soal padu padan, hingga menikmati penawaran voucher. Rutin menjalankan Shopee Live membantu kami menjangkau lebih banyak konsumen, berjualan real-time, dan membangun kepercayaan. Pesanan melalui Shopee Live kini bahkan berkontribusi hingga 50% bagi kami.” Lanjut Gani
Dalam membuat konten, Gonegani juga turut meriset apa tren yang sedang berlangsung di dunia fashion. Sehingga konten yang disuguhkan dapat meningkatkan daya tarik pengguna, antara lain seperti mix & match.
Tidak hanya itu, untuk semakin memperkuat strategi, Gonegani sering untuk memberikan voucher untuk berbelanja tidak hanya melalui Shopee Live tetapi juga Shopee Video.
“Memutuskan untuk rutin aktif Shopee Live, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup baik untuk pribadi, keluarga dan bisnis. Saat ini pun, Gonegani sudah memiliki team sendiri untuk meng handle Shopee Live, bahkan ini juga menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru,” ujar Gani.
Saat awal bergabung, Gani menyebut, ada keinginan untuk menghabiskan produk-produk yang tidak terjual melalui website. Namun, ternyata tidak hanya menghabiskan produk, Shopee telah membantu meningkatkan penjualan.
“Hingga saat ini pun, kampanye angka kembat seperti Big Ramadan Sale hingga PayDay Sale masih menjadi bintang dan momentum yang besar bagi Gonegani. Dimana hal yang sangat dirasakan adalah, pada momen kampanye angka kembar, sesi Shopee Live mengalami puncak penjualan tertinggi, dimana banyak pengguna yang bergabung dan berbelanja.” tutup Gani.