Makronesia.id, Jakarta – Semen Merah Putih, produsen semen terkemuka di Indonesia di bidang material bangunan, memaparkan rencana bisnis ambisiusnya untuk tahun 2024. Setelah berhasil mencatat pertumbuhan positif pada tahun 2023, perusahaan ini berkomitmen untuk terus berinovasi dan tetap bertumbuh di tengah tantangan tahun politik.
Tahun 2023 menjadi sukses bagi Semen Merah Putih, dengan pertumbuhan positif sebesar 2% untuk total semen kantong dan semen curah, di tengah pertumbuhan pasar semen Indonesia sebesar 1.5%. Meskipun kondisi pasar yang dinamis, perusahaan tetap teguh dengan dominasi 65% pada pasar semen kantong dan lebih dari 80% di pasar Jawa dan Sumatera. Selain itu, jumlah pelanggan meningkat sebesar 47%.
Dalam menghadapi tahun politik yang membawa ketidakpastian bagi industri dan bisnis, Semen Merah Putih tetap berkomitmen untuk mempertahankan pertumbuhan positif dan melanjutkan inovasi di berbagai aspek. Menurut pengamat ekonomi, Poltak Hotradero, peluang pertumbuhan signifikan masih ada di industri semen dan konstruksi di tingkat global. Dalam konteks ini, pelaku industri, termasuk Semen Merah Putih, didorong untuk mengeksplorasi potensi ekspansi baik di dalam negeri maupun melalui kerjasama internasional.
Poltak menekankan perlunya upaya untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan kontribusi positif terhadap ekonomi nasional. Dia juga mencatat bahwa proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi inovasi strategis yang memungkinkan industri semen terus berkembang.
Surindro Kalbu Adi, Commercial and Logistics Director Semen Merah Putih, menyatakan optimisme terhadap tahun 2024. Dengan inovasi yang terus dilakukan, perusahaan berambisi untuk mencapai pertumbuhan dua kali lipat dari pertumbuhan pasar. Dukungan pemerintah terhadap proyek infrastruktur strategis, seperti jalan tol, juga diharapkan mendorong konsumsi semen nasional.
Semen Merah Putih akan tetap fokus pada inovasi nyata sebagai kunci untuk memperkuat posisinya di industri konstruksi dan infrastruktur. Pengembangan produk berkualitas, perluasan cakupan ketersediaan produk, digitalisasi layanan, dan optimalisasi infrastruktur logistik menjadi prioritas. Produk unggulan baru, Semen Merah Putih WATERSHIELD, yang diluncurkan tahun ini, diharapkan akan membawa nilai tambah dengan teknologi water repellent-nya.
Semen Merah Putih juga siap mendukung proyek IKN dengan tidak hanya menyediakan semen tetapi juga produk turunannya, termasuk beton. Selaras dengan konsep pembangunan berkelanjutan di IKN, perusahaan terus melakukan upaya “greenovation” pada produk dan turunannya untuk mengurangi emisi karbon.
Surindro menegaskan bahwa langkah-langkah ini akan menjadi prioritas utama Semen Merah Putih, karena mereka yakin masa depan industri semen adalah semen berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan. Perusahaan akan terus berinovasi dan berkontribusi positif terhadap pembangunan Indonesia. (EHS-01)