Makronesia.id, Jakarta – Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Jakarta disemarakkan dengan gelaran Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) 2024, sebuah acara tahunan yang tidak hanya menawarkan potongan harga besar-besaran, tetapi juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Budihardjo Iduansjah, menjelaskan bahwa HBD Indonesia tahun ini merupakan titik balik dalam akselerasi ekonomi Indonesia. “Dengan konsumsi rumah tangga yang menunjukkan pertumbuhan positif 4,93% pada kuartal II-2024, kami berusaha meningkatkan daya beli masyarakat melalui kampanye belanja ini,” ujar Budihardjo.
Acara peluncuran yang berlangsung di Jakarta pada Sabtu, 17 Agustus 2024, turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini, dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Septo Soepriyatno. Made Ayu Marthini menyebutkan bahwa HBD Indonesia mendukung upaya Jakarta untuk menjadi kota pariwisata dengan mengedepankan wisata belanja sebagai salah satu elemen kunci. “Diskon besar-besaran akan menarik minat wisatawan domestik maupun internasional, yang pada gilirannya akan mempercepat perputaran ekonomi,” ujarnya.
Pemerintah juga berharap agar inisiatif ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun dan menjangkau seluruh Indonesia, sehingga perekonomian semakin maju meskipun menghadapi ketidakstabilan global. Ni Made Ayu menambahkan, “Kami mendukung penuh promosi yang kuat untuk HBD Indonesia agar semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi.”
HBD Indonesia 2024 juga mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak, termasuk Kemenparekraf DKI Jakarta yang mengapresiasi acara ini sebagai bagian dari upaya Jakarta untuk menunjukkan perannya sebagai pusat ekonomi global. Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, menyebutkan bahwa acara ini sejalan dengan visi Jakarta sebagai kota global yang kompetitif.
Dalam acara ini, HIPPINDO juga memperkenalkan ikon baru yang terinspirasi dari wastra Nusantara. “Untuk tahun ini, kami memilih motif sasirangan dari Kalimantan Selatan yang melambangkan penghormatan terhadap leluhur,” kata Ketua Panitia HBD Indonesia 2024, Hedy Djaja Ria.
Acara Tujuh Belasan Sale turut meriah dengan kehadiran berbagai tokoh masyarakat dan disemarakkan oleh fashion show dari Debz dan makeup dari Amaranthine. Direktur Utama PT. Sarinah, Fetty Kwartati, mengungkapkan bahwa HBD Indonesia adalah salah satu upaya untuk menjadikan event belanja ini setara dengan Black Friday atau Boxing Day di luar negeri.
Dalam wawancara terpisah, pengamat komunikasi pemasaran Ratna Puspitasari mengungkapkan optimisme terhadap potensi pasar Indonesia yang besar. “HBD Indonesia 2024 adalah bukti nyata dari potensi pasar Indonesia dan merupakan langkah penting untuk menjadikan Indonesia tujuan investasi menarik,” ujarnya.
Sebagai penutup, Budihardjo menegaskan bahwa HBD Indonesia adalah momen penting bagi sektor ritel untuk memperluas jejaring bisnis serta memperkuat pertumbuhan ekonomi. “Kami berharap gerakan ini terus berkembang dan berkontribusi pada perekonomian nasional serta menarik lebih banyak perhatian dari seluruh dunia,” pungkasnya.
Dengan berbagai diskon menarik dan partisipasi luas dari peritel di seluruh Indonesia, HBD Indonesia 2024 menjanjikan sebuah perayaan kemerdekaan yang tidak hanya meriah tetapi juga membawa dampak positif bagi perekonomian tanah air. (EHS-01)