Hibank Meluncurkan Kampanye #everydayhiro: Mewujudkan Pahlawan Ekonomi UMKM di Indonesia

0
122

Makronesia.id, Jakarta – PT Bank Hibank Indonesia (hibank), anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI), terus mewujudkan perannya sebagai Agen Pembangunan Nasional melalui transformasi menjadi penyedia layanan perbankan digital dengan fokus pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan semangat “UMKM First Bank,” hibank menetapkan visinya sebagai Bank Digital UMKM Unggulan di Indonesia.

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan RI pada 10 November 2023, hibank meluncurkan kampanye baru, #everydayhiro, sebagai bagian dari rangkaian transformasi branding. Kampanye ini bertujuan untuk mengangkat semangat kepahlawanan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di kalangan pelaku UMKM.

Jenny Wiriyanto, Direktur Utama PT Bank Hibank Indonesia, menjelaskan, “Melalui kampanye #everydayhiro, hibank ingin menggambarkan semangat kepahlawanan perusahaan dan masyarakat, terutama para pelaku UMKM, dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. hibank berkomitmen menjadi solusi bagi UMKM dalam mengembangkan usaha mereka.”

Dalam kampanye ini, hibank menetapkan niat untuk bersama-sama melahirkan banyak pahlawan ekonomi yang akan memajukan ekonomi Indonesia. UMKM dianggap sebagai pilar ekonomi bangsa yang berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, menyerap hampir 99% tenaga kerja di Indonesia.

Jenny menekankan bahwa, “UMKM merupakan pilar ekonomi bangsa, berkontribusi besar terhadap GDP Nasional (yaitu sekitar 66%) serta menyerap hampir 99% tenaga kerja di Indonesia. Sehingga, di momen hari pahlawan ini, kami menjadikan #everydayhiro sebagai niat dan pintu pembuka untuk kita bersama-sama melahirkan banyak pahlawan ekonomi yang akan terus memajukan ekonomi Indonesia.”

Namun, tantangan yang dihadapi UMKM, seperti pemasaran usaha, akses ke material produksi, adopsi teknologi, proses transaksi, dan pengelolaan cash flow, masih menghambat pertumbuhan mereka. Hingga tahun 2022, data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa hanya sekitar 36% UMKM yang memiliki akses ke layanan perbankan formal.

“Upaya hibank untuk meningkatkan alokasi pendanaan dan menghadirkan layanan perbankan digital yang relevan dengan kebutuhan UMKM menjadi salah satu langkah penting dalam memperbaiki inklusi keuangan. Kami juga berkomitmen menjadi mitra dalam menghubungkan dengan penyedia solusi dan layanan yang dibutuhkan UMKM melalui pembentukan dan pemberdayaan ekosistem,” tambah Jenny.

Data terbaru menunjukkan bahwa hibank telah menyalurkan 31,8% dari total kreditnya, sekitar Rp1,74 Triliun, kepada UMKM hingga Oktober 2023. Capaian ini sejalan dengan rencana hibank untuk meningkatkan porsi penyaluran kredit bagi UMKM hingga 45% pada tahun 2024.

Dalam kesempatan ini, Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menegaskan bahwa masa depan perbankan adalah digital. BNI berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap nasabah dapat mendapatkan solusi finansial terintegrasi setiap harinya.

“Dengan adanya hibank, kami ingin membantu para UMKM naik kelas dengan berupaya memberikan akses ke layanan perbankan yang lebih efisien dan komprehensif,” kata Okki. hibank berharap dapat berjalan bersama seluruh stakeholders dalam memajukan perekonomian rakyat, dan semangat Hari Pahlawan menjadi pendorong bagi para pahlawan ekonomi untuk terus semangat, berkolaborasi, dan bersinergi membangun perekonomian Indonesia. (EHS-01)

Artikulli paraprakAmaterasun: Merek Tabir Surya Pertama yang Melindungi Kulit hingga Level DNA
Artikulli tjetërBSA | The Software Alliance Mendorong Penggunaan Perangkat Lunak Berlisensi untuk Proyek Infrastruktur Vital di Asia Tenggara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini