OCBC Ruang Kreasi Dorong UMKM Berkembang

0
129

Makronesia.id, Jakarta OCBC Indonesia memperkuat komitmennya untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dengan meluncurkan Ruang Kreasi by OCBC, sebuah creative hub pertama di Indonesia. Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong semangat dan kreativitas UMKM agar dapat terus #BeraniNaikLevel, menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar global.

Dengan fasilitas seperti studio foto, ruang kerja kolaboratif, dan area kreatif untuk live photoshoot dan video, Ruang Kreasi by OCBC bertujuan memberikan tempat bagi UMKM untuk mengasah kreativitas dan meningkatkan kegiatan pemasaran mereka. Inovasi ini diharapkan dapat membantu UMKM Indonesia untuk lebih bersaing dan memanfaatkan peluang di era digital.

Menurut riset OCBC Business Fitness Index 2023, 66% UMKM telah memanfaatkan media sosial dan marketplace dalam strategi pertumbuhan mereka. Walaupun sudah ada kesadaran akan pentingnya digitalisasi, UMKM tetap memerlukan dukungan dalam inovasi, kreativitas, dan pemasaran.

Amir Widjaya, Marketing & Lifestyle Business Division Head, OCBC, menyatakan, “Inovasi dan kreativitas adalah kunci daya saing UMKM. Oleh karena itu, OCBC memahami bahwa banyak UMKM yang masih pemula dalam pemasaran digital dan sosial media. Ruang Kreasi hadir untuk menjadi tempat di mana mereka bisa mulai berinovasi, mengasah kreativitas, dan berkolaborasi.”

Edho Zell, founder Social Bread, menambahkan, “Walaupun banyak bisnis telah beralih ke ranah digital, masih banyak UMKM yang kesulitan merasakan dampaknya dan mengembangkan penjualan secara signifikan. Keterbatasan SDM, keahlian, dan keterampilan dalam mengelola pemasaran digital menjadi hambatan utama.”

Dalam upaya meningkatkan daya saing, UMKM dapat memanfaatkan Ruang Kreasi sebagai sarana dan fasilitas untuk mendukung kegiatan promosi digital. Dengan menggabungkan fasilitas Ruang Kreasi dengan produk dan solusi Nyala Bisnis dari OCBC, UMKM dapat lebih baik menyusun strategi sesuai aspirasi dan kebutuhan mereka.

Sari Kartika, SME Proposition Division Head, OCBC, menjelaskan, “OCBC menawarkan solusi finansial berbasis edukatif dan konsultatif. Dengan menggabungkan produk dan solusi yang semakin komprehensif, ditambah dengan fasilitas creative hub, UMKM Indonesia bisa semakin berani untuk terus naik level.”

Dengan target membantu sekitar 100 UMKM meningkatkan kreativitas dan literasi teknologi, OCBC akan menyelenggarakan berbagai program di Ruang Kreasi, termasuk Nyala Bisnis Kreasi Class, kelas edukasi bisnis bersama pakar di Q2 2024. Ruang Kreasi by OCBC, yang berlokasi di Pasar Intermoda BSD, diharapkan dapat menjadi pusat inovasi dan kreativitas bagi UMKM Indonesia. Studio livestream di Ruang Kreasi by OCBC dapat diakses melalui reservasi web di web.ocbc.id/bookruangkreasi. (EHS-01)

Artikulli paraprakTalent Digital Indonesia: Kemitraan Nokia-Indosat
Artikulli tjetërblu by BCA Catat Peningkatan Signifikan di Tahun 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini