Makronesia.id, Jakarta – Royal Canin, pemimpin di bidang kesehatan hewan melalui nutrisi, merilis hasil studi terbaru bertajuk “Vet Visitation Research”. Studi ini memberikan wawasan tentang lanskap perawatan hewan kesayangan di Indonesia, khususnya kucing dan anjing. Hasil studi menunjukkan bahwa usia harapan hidup kucing di Indonesia adalah 5,3 tahun, sementara anjing adalah 5,7 tahun. Angka ini jauh di bawah rata-rata global yang mencapai 10-15 tahun untuk kucing dan 10-13,7 tahun untuk anjing.
Studi ini melibatkan sejumlah pemilik hewan peliharaan, yang sebagian besar adalah wanita muda, yang mengunjungi klinik hewan pada tahun 2023 di tujuh wilayah utama di Indonesia, termasuk Bali dan Indonesia Timur. Data dikumpulkan langsung dari para pemilik hewan peliharaan selama kunjungan mereka ke klinik hewan.
Rendahnya usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk rendahnya kesadaran pemilik hewan kesayangan untuk memeriksakan hewan mereka secara rutin ke dokter hewan. Menurut studi, 7 dari 10 pemilik hewan kesayangan tidak membawa hewan mereka ke dokter hewan, dan hanya 17% yang melakukan sterilisasi pada hewan kesayangan mereka. Praktik ini penting untuk mengendalikan populasi serta meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup hewan kesayangan.
Kondisi ini diperparah dengan kurangnya interaksi antara pemilik hewan dengan hewan kesayangan setelah pandemi. Rendahnya usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia menunjukkan pentingnya edukasi yang lebih luas dan upaya pencegahan yang lebih aktif untuk meningkatkan kesadaran akan perawatan hewan kesayangan, serta pentingnya peran dokter hewan dalam memastikan kesehatan dan umur panjang hewan kesayangan.
Ridarrahim Nirwandar, President Director of Royal Canin Indonesia, menyatakan, “Mengetahui fakta yang terungkap melalui studi internal kami, memotivasi kami untuk memperkuat komitmen kami dalam menghadirkan produk dengan nutrisi tepat yang dibutuhkan oleh kucing dan anjing, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan harapan hidup mereka.”
Ridarrahim menambahkan bahwa rendahnya kesadaran pemilik hewan kesayangan mempengaruhi harapan hidup hewan kesayangan, mendorong Royal Canin untuk secara konsisten menginisiasi berbagai kampanye guna meningkatkan kesadaran pemilik hewan akan tanggung jawab mereka terhadap hewan kesayangan. “Hal ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem hewan kesayangan yang sehat, sesuai dengan misi Royal Canin untuk menciptakan Dunia yang Lebih Baik Bagi Hewan Kesayangan,” tambahnya.
Royal Canin senantiasa berinovasi untuk menghadirkan beragam produk dengan solusi nutrisi yang tepat untuk hewan kesayangan. Saat ini, hampir 300 produk telah dikembangkan melalui riset global yang melibatkan ahli gizi, dokter hewan, dan ilmuwan. Royal Canin juga aktif mempromosikan berbagai inisiatif untuk meningkatkan harapan hidup hewan peliharaan.
Inisiatif-inisiatif ini termasuk “Vet Our Hero – Promoting Quality of Life”, “Health is Worth It”, “Pet in The City”, dan “EnakSehatPanjangUmur”, yang bertujuan untuk meningkatkan ekosistem kesehatan hewan peliharaan di Indonesia sambil mengedukasi pemilik hewan tentang pentingnya nutrisi yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup kucing dan anjing, serta mendorong kepemilikan hewan yang bertanggung jawab.
Royal Canin juga menyertakan stiker pada kemasan produk mereka, yang terbagi menjadi empat kategori: “Nutrisi Kesehatan Kucing” untuk produk Indoor 27 dan Indoor Long Hair, “Nutrisi Ras Kucing” untuk produk Kitten Persian dan Adult Persian, “Nutrisi Perawatan Kucing” untuk produk Hair and Skin Care, dan “Nutrisi Berdasarkan Ukuran, Ras dan Perawatan Khusus” untuk produk anjing Maxi Adult dan Mini Indoor Adult. Stiker-stiker ini bertujuan memberikan informasi tentang manfaat utama produk Royal Canin, sehingga pemilik hewan dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan hewan kesayangan mereka.
Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, industri perawatan hewan kesayangan di Indonesia menunjukkan potensi pertumbuhan yang menjanjikan. Seiring dengan semakin banyak pemilik hewan yang memperlakukan hewan kesayangan mereka sebagai bagian tak terpisahkan dari keluarga, hal ini turut meningkatkan permintaan akan solusi nutrisi premium dan khusus yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan hewan kesayangan mereka yang unik.
Perubahan ini tidak hanya mencerminkan ikatan emosional yang semakin erat antara pemilik dan hewan kesayangan mereka, tetapi juga menegaskan betapa pentingnya memberikan perawatan terbaik untuk memastikan kesejahteraan dan usia yang lebih panjang bagi hewan kesayangan mereka.
“Kami meyakini bahwa hewan kesayangan telah memberikan kebaikan dalam hidup kita sehingga kami pun berupaya untuk Menciptakan Dunia yang Lebih Baik untuk Hewan Kesayangan. Hal ini dimulai dengan menjadi pemilik hewan yang bertanggung jawab. Hewan kesayangan bergantung pada kita untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, penting untuk melakukan langkah-langkah proaktif seperti kunjungan rutin ke dokter hewan dan memahami kebutuhan nutrisi mereka. Setiap hewan kesayangan berhak hidup sehat dan berumur panjang, yang dimulai dengan komitmen kita untuk belajar dan menerapkan perawatan yang efektif. Bersama inovasi berkelanjutan dan solusi nutrisi dari Royal Canin, kita semua berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kucing dan anjing, serta memenuhi kebutuhan pemilik hewan peliharaan di Indonesia,” tutup Ridarrahim Nirwandar. (EHS-01)