• Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Saturday, December 27, 2025
MAKRONESIA.ID
  • Login
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
Makronesia.id
No Result
View All Result
Home Digital Life

RevComm Inc. Raih Pendanaan Pra-Seri B Senilai Rp165,7 Miliar untuk Kembangkan Teknologi AI Komunikasi

Redaksi Makronesia by Redaksi Makronesia
July 26, 2024
in Digital Life, Ekonomi, Nasional, Opini, Tekno
0 0
0
Share on FacebookShare on Twitter

Makronesia.id, Jakarta – RevComm Inc., pelopor dalam solusi kecerdasan buatan (AI) untuk komunikasi, baru saja mengumumkan pencapaian signifikan dalam dunia investasi. Perusahaan ini berhasil memperoleh pendanaan Pra-Seri B sebesar 1,58 miliar yen (sekitar US$10 juta atau Rp165,7 miliar). Dengan tambahan dana ini, total pendanaan yang telah dihimpun RevComm kini mencapai 4,95 miliar yen (sekitar Rp519,3 miliar).

Pendanaan terbaru ini melibatkan pemegang saham lama seperti Sony Innovation Fund by IGV, WiL, dan ALL STAR SAAS FUND, serta investor baru seperti Salesforce Ventures dan tb Innovations. Selain itu, pendanaan ini juga mencakup pinjaman dari “UPSIDER BLUE DREAM Fund” yang dikelola oleh UPSIDER Capital, serta pembiayaan aset dari Money Forward Kessai.

RelatedPosts

BRI UNIT Pasar Kota Optimalkan Layanan Transaksi Harian dengan Semangat BRILiaN Ways

BRI UNIT Sampay Tunjukkan Accountability dan Integrity dalam Pelayanan kepada Masyarakat

BRI UNIT Banjarsari Kembangkan Growth Mindset Tim untuk Layanan yang Inovatif dan Cepat

Sejak putaran pendanaan Seri A pada Oktober 2020, di mana RevComm berhasil mengumpulkan 1,5 miliar yen, perusahaan ini telah mengoperasikan bisnisnya tanpa memerlukan pembiayaan ekuitas tambahan. Selama periode ini, RevComm juga mendapatkan pinjaman senilai 1,7 miliar yen dari berbagai lembaga keuangan, termasuk Shoko Chukin Bank, SBI Shinsei Bank, Japan Finance Corporation, Shizuoka Bank, dan Mitsubishi UFJ Bank.

“RevComm telah menunjukkan kemajuan luar biasa dalam mendukung berbagai bentuk komunikasi, baik itu telepon, pertemuan online, maupun tatap muka. Kami bangga menjadi bagian dari perjalanan mereka sejak putaran Seri A dan berharap mereka terus memanfaatkan teknologi AI terbaru untuk menghadapi tantangan pelanggan mereka,” kata Kazuto Hatano, Representative Director and President Sony Ventures.

CEO RevComm Inc., Takeshi Aida, mengungkapkan bahwa dana dari putaran ini akan digunakan untuk memperkuat pengembangan dan infrastruktur penjualan layanan analisis percakapan AI mereka, “MiiTel.” Selain itu, dana tersebut akan mendukung penelitian dan pengembangan layanan baru, ekspansi internasional, serta peningkatan infrastruktur organisasi.

Dari peluncuran MiiTel Phone yang mampu menganalisis percakapan telepon secara otomatis pada 2020, RevComm kini telah memperkenalkan produk baru seperti MiiTel Meetings dan MiiTel RecPod. Produk-produk ini menawarkan analisis dan visualisasi komunikasi suara dalam pertemuan online dan offline, serta kemampuan untuk merekam, mentranskripsi, dan membuat notulen percakapan secara otomatis.

“Seiring dengan populernya teknologi AI generatif, misi kami adalah mengubah data suara individu menjadi big data yang bernilai, menciptakan lingkungan di mana pengguna MiiTel dapat sepenuhnya memanfaatkan kemampuan AI,” tambah Aida.

RevComm, yang berbasis di Tokyo, Jepang, telah hadir di Indonesia sejak 2021 dan kini melayani lebih dari 78.000 pengguna global, termasuk perusahaan-perusahaan besar seperti Orang Tua Group, Astra International, BPJS Kesehatan, dan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Komentar dari Investor:

– WiL – Partner, Toshimitsu Namba dan Investor, Yamato Sasakawa: “Kami sangat senang bisa berinvestasi lebih lanjut di putaran Pra-Seri B ini. Dengan meningkatnya pentingnya pertemuan online dan teknologi AI generatif, kami percaya RevComm akan terus memperbarui cara bisnis dilakukan dan mendukung prinsip mereka dalam menciptakan masyarakat yang lebih peduli.”

– ALL STAR SAAS FUND – Senior Partner, Masayuki Minato: “Kami bangga bisa berpartisipasi dalam pendanaan ini. RevComm telah membuktikan diri sebagai pemimpin dalam AI suara dari Jepang dan kami berharap mereka terus berinovasi di bidang ini.”

– Salesforce Japan – Partner dan Japan Head, Ken Asada: “Kami sangat antusias melanjutkan kolaborasi kami dengan RevComm. Penggunaan AI dalam aktivitas bisnis semakin penting, dan kami berharap dapat memperluas portofolio produk berbasis AI mereka.”

– tb innovations (Tokyo Boeki Group CVC) – Presiden Direktur, Kenmochi Takashi: “Kami terkesan dengan visi RevComm untuk mengubah komunikasi bisnis dengan teknologi AI suara. Kami mendukung penuh upaya mereka dalam menjadikan data suara sebagai keunggulan kompetitif.”

– UPSIDER Capital – Direktur Utama, Naoki Ishigami: “Kami merasa terhormat dapat mendukung RevComm dalam meningkatkan produktivitas melalui teknologi AI. Kami berkomitmen untuk mendukung misi mereka dalam revolusi komunikasi bisnis.”

Dengan dukungan pendanaan ini, RevComm siap untuk melanjutkan inovasinya dalam teknologi AI komunikasi dan memperluas dampaknya di pasar global. (EHS-01)

ShareTweetPin

Related Posts

BRI UNIT Pasar Kota Optimalkan Layanan Transaksi Harian dengan Semangat BRILiaN Ways

BRI UNIT Pasar Kota Optimalkan Layanan Transaksi Harian dengan Semangat BRILiaN Ways

December 26, 2025
BRI UNIT Sampay Tunjukkan Accountability dan Integrity dalam Pelayanan kepada Masyarakat

BRI UNIT Sampay Tunjukkan Accountability dan Integrity dalam Pelayanan kepada Masyarakat

December 26, 2025
BRI UNIT Banjarsari Kembangkan Growth Mindset Tim untuk Layanan yang Inovatif dan Cepat

BRI UNIT Banjarsari Kembangkan Growth Mindset Tim untuk Layanan yang Inovatif dan Cepat

December 26, 2025
BRI UNIT Cikotok Terapkan BRILiaN Ways untuk Perkuat Kepercayaan Nasabah Wilayah Tambang

BRI UNIT Cikotok Terapkan BRILiaN Ways untuk Perkuat Kepercayaan Nasabah Wilayah Tambang

December 26, 2025
BRI UNIT Cipanas Hadirkan Pelayanan Humanis dengan Fokus pada Nasabah Pedesaan

BRI UNIT Cipanas Hadirkan Pelayanan Humanis dengan Fokus pada Nasabah Pedesaan

December 26, 2025
BRI UNIT Maja Lebak Tingkatkan Layanan Inklusif Berbasis Integrity dan Customer Focus

BRI UNIT Maja Lebak Tingkatkan Layanan Inklusif Berbasis Integrity dan Customer Focus

December 26, 2025

POPULAR

  • Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sepak Terjang dan Profil Dirut PLN Darmawan Prasodjo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • LindungiHutan Dorong Aksi Nyata untuk Lingkungan di Hari Bumi 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cerita Sukses Grounds Studio Brand Fashion Asal Bandung

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Kelas Anak Usia Dini Jadi Laboratorium Kreativitas: Gagasan Prof. Farida Mayar di Hari Pengukuhannya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Olah Raga
  • Digital
  • Budaya
  • Hiburan
  • Ragam

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

No Result
View All Result
  • Home
  • Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Redaksi
    • Tentang Kami

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In