• Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Friday, December 26, 2025
MAKRONESIA.ID
  • Login
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
Makronesia.id
No Result
View All Result
Home Ekonomi

Solo Terintegrasi, Stasiun dan Terminal Terhubung, Efisienkan Perjalanan Masyarakat Pada Saat Lebaran

Vritime Editor by Vritime Editor
April 18, 2025
in Ekonomi
0 0
0
Share on FacebookShare on Twitter

Makronesia.id, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi para pelanggan, kemudahan tersebut semakin dirasakan oleh masyarakat pada masa Angkutan Lebaran dimana volume penumpang meningkat. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah integrasi yang semakin solid antara Stasiun Solo Balapan dengan berbagai moda transportasi darat di Kota Solo.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa Stasiun Solo Balapan kini menjadi simpul transportasi yang semakin efisien bagi masyarakat. “Solo Balapan bukan hanya sekadar stasiun pemberhentian KA jarak jauh, KA lokal BIAS dan KRL. Lebih dari itu, stasiun ini telah terintegrasi secara fisik dan operasional dengan Terminal Tirtonadi,” ujarnya.

RelatedPosts

KC Rangkasbitung Terapkan BRILiaN Ways untuk Tingkatkan Pelayanan Prima kepada Nasabah

KK Multatuli Perkuat Kolaborasi dan Akuntabilitas Layanan Sesuai BRILiaN Ways

KCP Malingping Dorong Growth Mindset Pegawai demi Pelayanan Terbaik kepada Nasabah

Integrasi utama antara Stasiun Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi terwujud melalui skybridge yang telah beroperasi sejak 1 Maret 2019. Keberadaan skybridge ini memberikan kemudahan signifikan bagi para penumpang kereta api yang ingin melanjutkan perjalanan menggunakan bus antar kota antar provinsi maupun angkutan dalam kota yang tersedia di Terminal Tirtonadi, begitu juga sebaliknya.

“Dengan adanya skybridge, para pemudik tidak perlu lagi kesulitan berpindah antar moda transportasi. Mereka dapat langsung berjalan kaki dari peron stasiun menuju terminal dengan aman dan nyaman, menghemat waktu dan tenaga,” jelas.

Pada masa Angkutan Lebaran 2025, Stasiun Solo Balapan telah melayani masyarakat sebanyak 251.409 penumpang. Angka tersebut tumbuh 41 persen dibanding 22 hari Angkutan Lebaran 2024 yang melayani sejumlah 178.119 penumpang.

“Pertumbuhan penumpang yang cukup signifikan merupakan bukti layanan di Stasiun Solo Balapan yang semakin memudahkan,” ungkapnya.

Selain terintegrasi secara langsung dengan Terminal Tirtonadi, Stasiun Solo Balapan juga terintegrasi dengan Bandara Adi Sumarmo, Solo melalui perjalanan KA BIAS (Bandara Internasional Adi Soemarmo) yang semula perjalanannya cumin sampai Stasiun Solo Balapan, mulai 2 November diperpanjang relasinya hingga Stasiun Madiun.

Lebih lanjut, Anne menambahkan bahwa Stasiun Solo Balapan juga telah mengantisipasi kebutuhan mobilitas lanjutan para penumpang dengan menggandeng mitra untuk menyediakan pick-up point khusus untuk angkutan online di area parkir stasiun. Fasilitas ini semakin melengkapi opsi transportasi bagi para penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di Solo dan sekitarnya.

“Integrasi ini adalah wujud nyata dari upaya KAI untuk memberikan pengalaman perjalanan yang seamless dan efisien, terutama pada momen penting seperti Lebaran. Kami berharap, kemudahan ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan membuat perjalanan mudik mereka menjadi lebih lancar dan menyenangkan,” pungkas Anne Purba.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tags: KAI
ShareTweetPin

Related Posts

KC Rangkasbitung Terapkan BRILiaN Ways untuk Tingkatkan Pelayanan Prima kepada Nasabah

KC Rangkasbitung Terapkan BRILiaN Ways untuk Tingkatkan Pelayanan Prima kepada Nasabah

December 26, 2025
KK Multatuli Perkuat Kolaborasi dan Akuntabilitas Layanan Sesuai BRILiaN Ways

KK Multatuli Perkuat Kolaborasi dan Akuntabilitas Layanan Sesuai BRILiaN Ways

December 26, 2025
KCP Malingping Dorong Growth Mindset Pegawai demi Pelayanan Terbaik kepada Nasabah

KCP Malingping Dorong Growth Mindset Pegawai demi Pelayanan Terbaik kepada Nasabah

December 26, 2025
BRI UNIT Malingping Hadirkan Layanan Berintegritas dengan Fokus pada Kebutuhan Nasabah

BRI UNIT Malingping Hadirkan Layanan Berintegritas dengan Fokus pada Kebutuhan Nasabah

December 26, 2025
BRI UNIT Bayah Tingkatkan Pelayanan Melalui Kerja Kolaboratif dan Customer Focus

BRI UNIT Bayah Tingkatkan Pelayanan Melalui Kerja Kolaboratif dan Customer Focus

December 26, 2025
BRI BO Rangkasbitung Wujudkan Layanan BRILiaN Berlandaskan Integrity dan Customer Focus

BRI BO Rangkasbitung Wujudkan Layanan BRILiaN Berlandaskan Integrity dan Customer Focus

December 26, 2025

POPULAR

  • Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sepak Terjang dan Profil Dirut PLN Darmawan Prasodjo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • LindungiHutan Dorong Aksi Nyata untuk Lingkungan di Hari Bumi 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cerita Sukses Grounds Studio Brand Fashion Asal Bandung

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Kelas Anak Usia Dini Jadi Laboratorium Kreativitas: Gagasan Prof. Farida Mayar di Hari Pengukuhannya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Olah Raga
  • Digital
  • Budaya
  • Hiburan
  • Ragam

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

No Result
View All Result
  • Home
  • Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Redaksi
    • Tentang Kami

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In