• Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Friday, December 5, 2025
MAKRONESIA.ID
  • Login
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
Makronesia.id
No Result
View All Result
Home Digital Life

Sukses Berkarya Sebelum 30: Pasangan Muda Kembangkan Bisnis Sepatu Lokal di Shopee

Redaksi Makronesia by Redaksi Makronesia
April 10, 2025
in Digital Life, Ekonomi, Tekno
0 0
0
Shopee Sepatu lokal
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Makronesia – Pertumbuhan industri sepatu lokal di Indonesia menunjukkan perkembangan yang semakin positif. Banyak karya anak bangsa yang kini hadir dengan kualitas yang semakin baik dan desain yang kompetitif. Inovasi, kreativitas, serta pemanfaatan ekosistem digital mendorong semakin banyak brand lokal dari berbagai wilayah di Indonesia untuk tampil dan bersaing di pasar yang lebih luas. Salah satu wilayah yang  terkenal dengan kerajinan tangan dan produk kreatifnya adalah Bogor. Wilayah yang dikenal sebagai ‘kota hujan’ itu menjadi rumah bagi Sepasang Collection, UMKM lokal yang bergerak di bidang sepatu wanita dan digeluti oleh pasangan muda dalam mengaktualisasikan kreativitas mereka.

Andrew Fernando Heryanto & Velicia Emeralda, Owner Sepasang Collection menjelaskan, “Sepasang Collection lahir dari passion kami terhadap fesyen dan keinginan untuk menghadirkan sepatu perempuan berkualitas dengan harga terjangkau. Walaupun berawal dalam situasi yang terbatas, Sepasang Collection berhasil dikenal masyarakat melalui word of mouth. Kami melihat peluang besar dalam ekspansi ke berbagai segmen pasar serta memperluas distribusi, termasuk peluang ekspor di masa depan. Dengan berkembangnya teknologi, Sepasang Collection juga memanfaatkan kesempatan ini dengan bergabung bersama Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas, hingga akhirnya saat ini lebih dari 70 persen total penjualan kami berasal dari Shopee.  Bahkan di kampanye Big Ramadan Sale kemarin, kami juga mengalami peningkatan penjualan hingga 5 kali lipat dibandingkan hari biasa.”

RelatedPosts

Sejalan Arahan Presiden Prabowo, Kadin Mantapkan MOU Ekraf dan Siapkan Ekosistim Kreatif 5 Tahun ke Depan Tegas Aya Wijaya

Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan: Kisah Andrew dan Velicia Merintis Sepasang Collection

Andrew dan Velicia, pasangan suami isteri ini mendirikan Sepasang Collection di masa pandemi tahun 2020 lalu. Pasangan muda kelahiran 1998 ini mengisahkan bahwa Sepasang Collection terlahir karena mereka melihat peluang besar dalam industri fesyen sepatu di Indonesia. Mereka mendirikan brand ini dengan cita-cita ingin menghadirkan produk berkualitas tinggi dan membuktikan bahwa perempuan Indonesia bisa memiliki sepatu yang stylish, nyaman, dan tetap affordable.

“Memulai bisnis di usia muda tentu membawa tantangan tersendiri, terutama dalam membangun tim yang solid serta mengelola operasional bisnis. Kemunculan banyak brand lokal tentunya juga membuat pasar lebih menantang. Beruntung kami bisa mengatasi hal ini dengan membuat strategi pemasaran yang efektif, memberdayakan anak muda dalam operasional, serta memanfaatkan platform seperti Shopee yang mampu memudahkan perjalanan bisnis kami dari kecil,” jelas Andrew.

Sepasang Collection bergabung dengan Shopee tidak lama sejak bisnis ini didirikan. Bagi Andrew dan Velicia, Shopee dipilih karena memiliki jangkauan yang luas, ragam fitur yang interaktif, serta memberikan solusi untuk UMKM melalui berbagai program edukasi dan promosi. “Fitur Shopee Live dan Shopee Video juga menjadi tools yang paling membantu brand kami dalam membangun interaksi dengan pelanggan dan meningkatkan awareness mengenai produk yang ditawarkan. Melalui live streaming, Sepasang Collection dapat langsung berkomunikasi dengan calon konsumen, memberikan promo eksklusif, serta meningkatkan konversi penjualan secara signifikan,” tambah Velicia

Berawal dari produk yang sedikit, Sepasang Collection terus berinovasi hingga saat ini memiliki lebih dari 200 jenis produk sepatu yang dapat menjawab berbagai preferensi perempuan Indonesia. Produk-produk dari Sepasang Collection juga menggunakan bahan baku berkualitas dari dalam negeri yang kemudian diolah dan dirancang menjadi produk sepatu oleh tenaga kerja lokal. Misi Andrew dan Velicia adalah menjadi brand lokal yang tidak hanya menghadirkan produk berkualitas tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja bagi anak muda.

Baca juga: Shopee Big Ramadan Sale: Persiapan Mudik Jadi Lebih Gampang dan Hemat

Produk yang Andrew dan Velicia rancang ini juga menunjukkan unique selling point dari Sepasang Collection, yakni sepatu yang dirancang dengan desain eksklusif, tetapi tetap nyaman digunakan dengan harga yang ramah di kantong. Mereka selalu mengutamakan kualitas produksi dari setiap sepatu yang dibuat dengan proses seleksi bahan yang ketat dan selalu menghadirkan koleksi baru yang mengikuti tren, sehingga konsumen bisa mendapatkan produk yang fashionable dan up-to-date. Namun tidak hanya fokus pada inovasi produk, ia memaparkan bahwa Sepasang Collection juga memberikan perhatian serius terhadap pengalaman pelanggan. Melalui layanan yang cepat dan responsif, serta program loyalitas seperti membership dan penawaran khusus bagi pelanggan setia, Sepasang Collection berusaha membangun hubungan yang berkelanjutan dengan para konsumen.

Kiat Sukses Bagi Anak Muda Dalam Menembus Industri Fashion Indonesia

Tahun 2025 bagi Andrew dan Velicia akan menjadi tahun yang penuh kesempatan bagi Sepasang Collection. Mereka memprediksi bahwa tren sepatu, khususnya sepatu untuk perempuan, akan lebih mengarah pada desain yang fungsional namun tetap stylish untuk digunakan. Bahkan mereka juga melihat permintaan terhadap sepatu dengan konsep sustainable fashion akan semakin tinggi seiring meningkatnya kesadaran konsumen terhadap isu lingkungan.

Oleh karena itu, Sepasang Collection akan terus berinovasi dengan menghadirkan desain produk sepatu yang sesuai dengan tren yang sekaligus mempertahankan nilai estetika dan kenyamanan. Tahun ini, Sepasang Collection juga akan menghadirkan lebih banyak koleksi spesial yang dirancang khusus untuk momen-momen penting, seperti hari raya dan musim liburan. Tentunya, Andrew dan Velicia akan semakin memanfaatkan kampanye dan fitur Shopee dalam memasarkan produk ini, serta berencana untuk lebih banyak melakukan kolaborasi dengan Shopee di tahun ini.

Sebagai contoh anak muda inspiratif yang mampu mewujudkan mimpinya, Andrew dan Velicia juga membagikan sejumlah tips  bagi anak muda yang ingin merintis bisnis serupa. Tips Pertama, mereka mengatakan bahwa pengusaha perlu membangun tim yang solid untuk mengelola operasional bisnis. Cara ini dapat ditempuh dengan membangun sistem manajerial yang efektif, memberdayakan para anak muda dalam aspek operasional, hingga terus belajar bahkan mencari mentor bisnis yang dapat membantu. Semua aspek ini diperlukan untuk membangun ekosistem bisnis yang sehat dan berkelanjutan.

Tips Kedua, pentingnya memahami pasar, konsistensi dalam melakukan branding, serta aktif memanfaatkan teknologi digital. Menurut Andrew dan Velicia, inovasi dan adaptasi adalah kunci untuk bertahan di industri fesyen yang selalu dinamis. “Terus bangun jaringan yang kuat dan selalu belajar dari pengalaman agar bisnis bisa berkembang lebih jauh. Salah satu contohnya adalah kolaborasi kami dengan Shopee, melalui pemanfaatan teknologi digital, kami optimis dapat menjangkau pasar yang lebih luas, memperkuat brand di tingkat nasional dan internasional, serta terus menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen saat ini,” tutup Andrew.

Untuk mendukung UMKM lokal bisa terus bertumbuh, Shopee juga baru saja menghadirkan terobosan program terbaru bernama Jagoan UMKM, sebuah kompetisi UMKM perdana berbasis reality show yang dirancang untuk membuktikan keterampilan pelaku UMKM dalam mengelola usaha mereka. Program Jagoan UMKM ini dihadirkan dalam enam episode yang akan tayang di kanal YouTube Shopee Indonesia. Pendaftaran kompetisi Jagoan UMKM telah dibuka dan akan berlangsung hingga 30 April 2025. Para pengusaha UMKM lokal seperti Sepasang Collection yang sudah bergabung di Shopee selama minimal dua tahun dan memproduksi produk lokal bisa meraih kesempatan memenangkan total hadiah senilai 1 miliar Rupiah dengan segera mendaftarkan diri di shopee.co.id/m/jagoan-umkm.

ShareTweetPin

Related Posts

Sejalan Arahan Presiden Prabowo, Kadin Mantapkan MOU Ekraf dan Siapkan Ekosistim Kreatif 5 Tahun ke Depan  Tegas Aya Wijaya

Sejalan Arahan Presiden Prabowo, Kadin Mantapkan MOU Ekraf dan Siapkan Ekosistim Kreatif 5 Tahun ke Depan Tegas Aya Wijaya

December 2, 2025
Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

October 13, 2025
Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

October 12, 2025
Akulaku Aplikasi Terpopuler Pilihan Gen Z dan Milenial, Ini Alasan dan Fitur Unggulannya

Akulaku Aplikasi Terpopuler Pilihan Gen Z dan Milenial, Ini Alasan dan Fitur Unggulannya

April 27, 2025
BRI Finance Berikan Pembiayaan Mobil Bekas Yang Lebih Terjangkau Bagi Masyarakat

BINUS Resmi Luncurkan Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) untuk Menjawab Tantangan Masa Depan Arsitektur Indonesia

April 26, 2025
BRI Finance Berikan Pembiayaan Mobil Bekas Yang Lebih Terjangkau Bagi Masyarakat

BRI Finance Berikan Pembiayaan Mobil Bekas Yang Lebih Terjangkau Bagi Masyarakat

April 26, 2025

POPULAR

  • Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • LindungiHutan Dorong Aksi Nyata untuk Lingkungan di Hari Bumi 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sepak Terjang dan Profil Dirut PLN Darmawan Prasodjo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Kelas Anak Usia Dini Jadi Laboratorium Kreativitas: Gagasan Prof. Farida Mayar di Hari Pengukuhannya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Olah Raga
  • Digital
  • Budaya
  • Hiburan
  • Ragam

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

No Result
View All Result
  • Home
  • Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Redaksi
    • Tentang Kami

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In