• Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Friday, December 5, 2025
MAKRONESIA.ID
  • Login
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
Makronesia.id
No Result
View All Result
Home Digital Life

Transformasi Digital Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Produk Lokal Melalui Shopee

Redaksi Makronesia by Redaksi Makronesia
July 7, 2024
in Digital Life, Ekonomi, Hiburan, Opini, Tekno
0 0
0
Share on FacebookShare on Twitter

Makronesia.id, Jakarta – Di tengah revolusi teknologi yang terus berkembang, upaya untuk memajukan produk lokal semakin menjadi fokus utama. Dalam semangat untuk mendukung ekosistem Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta mendorong bisnis lokal di Indonesia, Shopee telah memperkuat kolaborasi dan komitmennya untuk memperluas aksesibilitas produk.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, “Shopee Pilih Lokal” telah menjadi pilar utama bagi platform ini dalam mempromosikan produk-produk lokal. Sejak diluncurkan pada awal tahun 2024, fitur ini berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung, memberikan eksposur yang luas bagi UMKM dan brand lokal di seluruh Indonesia.

RelatedPosts

Royalti Tahap III di Gedung Matari Jakarta LMKN Paparkan Informasi dan Distributor

Sejalan Arahan Presiden Prabowo, Kadin Mantapkan MOU Ekraf dan Siapkan Ekosistim Kreatif 5 Tahun ke Depan Tegas Aya Wijaya

Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, menyatakan, “Kami bangga dapat berperan dalam membangun pasar yang inklusif bagi pelaku usaha lokal, tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di daerah terpencil seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto. Ini mencerminkan komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan ekonomi domestik melalui penetrasi digital yang merata.”

Animo pengguna Shopee dari berbagai pulau di Indonesia juga tercermin dari tren produk lokal yang paling diminati. Dari Sumatera hingga Jawa, produk fashion seperti celana perempuan dan batik mendominasi, sementara kuliner seperti keripik pisang juga memikat hati konsumen.

Pada sisi Tengah Indonesia, produk kecantikan seperti sunscreen paling diminati di Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara, menandai permintaan yang tinggi seiring dengan liburan tahunan. Sementara di Maluku dan Papua, kebutuhan akan teknologi tinggi seperti case HP dan perlengkapan rumah tangga turut mendapat perhatian.

Selain memperkuat pasar dalam negeri, Shopee juga berhasil membuka peluang ekspor bagi produk lokal melalui Program Shopee Ekspor, yang telah mengirim lebih dari 26 juta produk ke luar negeri. Pada paruh pertama tahun 2024, Shopee mencatat lonjakan signifikan dalam transaksi produk ekspor, menggambarkan kontribusinya dalam meningkatkan visibilitas produk Indonesia di pasar global.

Dengan pencapaian ini, Shopee bukan hanya sekadar platform belanja online, tetapi juga mitra strategis dalam membangun ekosistem bisnis lokal yang berkelanjutan di seluruh Indonesia. Melalui pendekatan yang inklusif dan terintegrasi, Shopee terus membuktikan perannya sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air. (EHS-01)

ShareTweetPin

Related Posts

Royalti Tahap III di Gedung Matari Jakarta LMKN Paparkan Informasi dan Distributor

Royalti Tahap III di Gedung Matari Jakarta LMKN Paparkan Informasi dan Distributor

December 3, 2025
Sejalan Arahan Presiden Prabowo, Kadin Mantapkan MOU Ekraf dan Siapkan Ekosistim Kreatif 5 Tahun ke Depan  Tegas Aya Wijaya

Sejalan Arahan Presiden Prabowo, Kadin Mantapkan MOU Ekraf dan Siapkan Ekosistim Kreatif 5 Tahun ke Depan Tegas Aya Wijaya

December 2, 2025
Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

October 13, 2025
Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

October 12, 2025
Akulaku Aplikasi Terpopuler Pilihan Gen Z dan Milenial, Ini Alasan dan Fitur Unggulannya

Akulaku Aplikasi Terpopuler Pilihan Gen Z dan Milenial, Ini Alasan dan Fitur Unggulannya

April 27, 2025
BRI Finance Berikan Pembiayaan Mobil Bekas Yang Lebih Terjangkau Bagi Masyarakat

BINUS Resmi Luncurkan Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) untuk Menjawab Tantangan Masa Depan Arsitektur Indonesia

April 26, 2025

POPULAR

  • Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • LindungiHutan Dorong Aksi Nyata untuk Lingkungan di Hari Bumi 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sepak Terjang dan Profil Dirut PLN Darmawan Prasodjo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Kelas Anak Usia Dini Jadi Laboratorium Kreativitas: Gagasan Prof. Farida Mayar di Hari Pengukuhannya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Olah Raga
  • Digital
  • Budaya
  • Hiburan
  • Ragam

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

No Result
View All Result
  • Home
  • Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Redaksi
    • Tentang Kami

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In