Makronesia.id – Setiap gelaran pameran seni di Jogja memang tidak pernah sepi pengunjung, menunjukkan tingginya antusiasme warga Jogja dalam merespon karya-karya seni para perupa atau seniman lokal.
Sebagai kota yang menjadi titik lahirnya banyak seniman ternama, masih ada satu pertanyaan yang sering muncul dalam menanggapi issue ini: Apakah sudah cukup ruang pamer di Jogja bagi para seniman muda?
Ruang pamer selalu jadi kebutuhan untuk bisa menjembatani komunikasi antara perupa atau seniman dengan audiens sebagai penikmat seni. Sebagai bentuk dukungan, Vherkudara akan menggelar pameran atau art exhibition bertajuk “Reflection of a Vision” yang melibatkan perupa atau seniman yang ada di Yogyakarta pada 18 Mei 2024 mendatang.
“Acara ini memamerkan karya dari Utami Atasia Ishii yang berlangsung 60 hari, seremonial untuk pembukaan acara di tanggal 18 Mei dan di acara seremonial akan ada activation berupa respon karya dari Utami Atasia Ishii yang nantinya akan ada tukar karya dengan kacamata dari list undangan seniman, sesi ngobrol dengan Utami Atasia Ishii. Acara berlangsung dari jam 7 malam sampai selesai,” ujar Project Officer Vherkudara, Antino Restu.
Lebih lanjut, Antino Restu mengungkapkan alasannya menggandeng Atasia Ishii dalam pameran yang akan digelar di store Vherkudara Spirit, Jl. Agro No. 44A, Kocoran, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini.
“Jadi keterlibatan Utami Atasia Ishii di sini adalah karena semua karya yang dibuat berdasarkan dari penglihatan yang juga sejalan dengan identity dari brand Vherkudara, di mana Vherkudara menghadirkan tidak hanya estetika tetapi juga memiliki fungsionalitas kualitas tanpa kompromi dengan perspektif penglihatan, karena kacamata di sini pastinya berhubungan dengan indra penglihatan,” ungkapnya.
Restu berharap pameran ini dapat mempresentasikan brand Vherkudara untuk memberi ruang rekan-rekan seniman dan berkolaborasi bersama Vherkudara dengan tema-tema, gagasan, wacana mungkin bisa dielaborasikan bersama yang nantinya akan membentukan implikasi terciptanya ekosistem seni.
Sebagai informasi, Vherkudara (vherkudara.id) adalah sebuah brand fashion kacamata lokal asal Jogja yang berdiri sejak tahun 2016 dan terus berkembang serta berinovasi dengan desain baru agar dapat dipakai dan dinikmati oleh semua orang, tidak hanya di Indonesia, tapi juga internasional.
Tidak hanya menjual produk fashion, brand yang namanya terinspirasi dari sebuah tokoh pewayangan Jawa yakni Werkudara atau Bima, anak kedua dari Pandawa Lima ini juga mendukung para seniman dan musisi lokal, karena mereka yakin bahwa karya seni lokal juga memiliki nilai yang harus didukung dan dijunjung.
Selain karya seni, Vherkudara juga mengapresiasi dan mendukung hobi di bidang otomotif. Beberapa di antaranya adalah kegiatan komunitas yang berhubungan dengan riding dan custom. Kami yakin dengan dukungan ini, kami dapat membantu seniman lokal, musisi lokal, dan komunitas lokal untuk lebih maju dan lebih dipertimbangkan oleh banyak orang.