• Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Friday, December 5, 2025
MAKRONESIA.ID
  • Login
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
Makronesia.id
No Result
View All Result
Home Digital Life

Wabah Corona Jelang Pilkada 2020, Pakar Digital Serukan Kampanye Via Media Sosial dan Platform Digital

Editor by Editor
March 20, 2020
in Digital Life
0 0
0
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Makronesia.id — Tahun 2020 ini merupakan tahun politik bagi Indonesia. Gelaran pesta demokrasi bertajuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan diselenggarakan pada 23 September 2020 mendatang. Namun imbas wabah corona atau COVID-19 yang melanda Indonesia, para stakeholder harus merumuskan skema baru Pilkada yang mengurangi kerumunan massa.

Melihat fenomena yang sedang terjadi, CEO Menara Digital, Anthony Leong menghimbau untuk melakukan kampanye politik dengan memanfaatkan platform digital. Menurutnya, era sekarang ini sudah mulai bergeser ke arah yang serba digital bahkan hampir di semua sektor kehidupan.

RelatedPosts

Sukses Berkarya Sebelum 30: Pasangan Muda Kembangkan Bisnis Sepatu Lokal di Shopee

Direy Dealova: Dari Pengajar Hingga Sukses Jadi Konten Kreator Berpenghasilan Puluhan Juta

Syarat dan Cara Dapat Diskon Listrik 50% dari PLN di Semua Aplikasi

“Saat ini semua sudah serba digital. Bahkan di kehidupan kita sehari-hari, hampir seluruh kebutuhan kita dapat terpenuhi hanya dengan menggunakan gadget. Dengan himbauan untuk melakukan social distancing imbas wabah corona, ada baiknya kampanye Pilkada serentak ini dilakukan dengan memanfaatkan digitalisasi, platform online,” ujar Anthony Leong saat dihubungi (19/3/2020).

Pakar Komunikasi Digital itu menambahkan bahwa untuk kampanye dalam tahun-tahun berikutnya, akan jauh lebih maksimal jika sudah mulai beralih menggunakan platform digital sebagai salah satu sarana utama dalam penyampaian visi, misi, dan program kerja.

“Platform digital, seperti media online dan media sosial memiliki pergerakan informasi yang sangat cepat. Dengan cara konvensional seperti tv atau koran, dalam 1 hari orang dapat meningkatkan keterkenalannya. Tapi lewat media sosial, dalam 1 jam orang sudah bisa viral dengan jangkauan publik yang luas jika ada pesan komunikasinya. Jadi tinggal kita kemas messages yang baik janji kampanye, program kerja mudah-mudahan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” tambahnya.

Pengusaha muda yang menjabat sebagai Ketua Kompartemen Hubungan Media Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini menjelaskan bahwa menurut riset 90% informasi yang disampaikan ke otak adalah visual, dan 40% orang akan merespon informasi visual dengan lebih mudah.

“Ada sebuah riset yang mengatakan bahwa data dalam bentuk grafik visual yang baik dapat menyokong penyebaran informasi via media sosial. Apalagi otak akan memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat dari informasi berupa teks. Oleh karena itu penggunaan media sosial sebagai sarana kampanye merupakan hal yang efektif,” tutupnya. (BA/AM)

Tags: Covid-19Pilkada 2020
ShareTweetPin

Related Posts

Shopee Sepatu lokal

Sukses Berkarya Sebelum 30: Pasangan Muda Kembangkan Bisnis Sepatu Lokal di Shopee

April 10, 2025
Direy Dealova: Dari Pengajar Hingga Sukses Jadi Konten Kreator Berpenghasilan Puluhan Juta

Direy Dealova: Dari Pengajar Hingga Sukses Jadi Konten Kreator Berpenghasilan Puluhan Juta

March 14, 2025
Diskon listrik 50% PLN, Cara Beli Listrik Diskon 50% PLN, Syarat Beli Listrik Diskon 50% PLN

Syarat dan Cara Dapat Diskon Listrik 50% dari PLN di Semua Aplikasi

January 1, 2025
Semen Merah Putih Gelar Pelatihan Kompetensi & Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Serang

Semen Merah Putih Gelar Pelatihan Kompetensi & Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Serang

November 1, 2024
Seminar OT Security TUV Rheinland bersama BSSN (1)

Gandeng BSSN, TUV Rheinland Soroti Pentingnya Keamanan Teknologi Operasional di Indonesia

October 1, 2024
Brand Fashion Asal Bandung, Gonegani Alami Pertumbuhan Penjualan 70x Lipat bersama Shopee Live

Gonegani Alami Pertumbuhan Penjualan 70x Lipat bersama Shopee Live

September 28, 2024

POPULAR

  • Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • LindungiHutan Dorong Aksi Nyata untuk Lingkungan di Hari Bumi 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sepak Terjang dan Profil Dirut PLN Darmawan Prasodjo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Kelas Anak Usia Dini Jadi Laboratorium Kreativitas: Gagasan Prof. Farida Mayar di Hari Pengukuhannya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Olah Raga
  • Digital
  • Budaya
  • Hiburan
  • Ragam

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

No Result
View All Result
  • Home
  • Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Redaksi
    • Tentang Kami

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In