• Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Saturday, December 6, 2025
MAKRONESIA.ID
  • Login
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Mikro
    • Makro
  • Tekno
  • Digital Life
  • Ragam
  • Pendidikan
No Result
View All Result
Makronesia.id
No Result
View All Result
Home Feature

BCA Digital: Mendorong Inovasi dan Edukasi Finansial di Era Digital

Redaksi Makronesia by Redaksi Makronesia
February 22, 2025
in Feature
0 0
0
Share on FacebookShare on Twitter

Makronesia.id, Jakarta – Dalam rangka BCA Expoversary 2025 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, BCA Digital kembali menunjukkan komitmennya sebagai pelopor perbankan digital di Indonesia. Melalui mini talkshow “Ngobrol DUIT (Develop, Understand, Impact, Thrive)”, BCA Digital mengungkapkan strategi pertumbuhan, inovasi layanan, dan inisiatif edukasi finansial untuk meningkatkan inklusi serta literasi keuangan di kalangan nasabahnya yang dikenal sebagai sobatblu.

Di hadapan ribuan peserta, Yoga T. Susilo, Head of Corporate Planning BCA Digital, menguraikan capaian signifikan perusahaan. Pada tahun 2024, BCA Digital mencatatkan lonjakan laba bersih sebesar 134,5%—naik dari Rp46 miliar pada 2023 menjadi Rp108 miliar. Pertumbuhan ini didukung oleh peningkatan Total Dana Pihak Ketiga (DPK) hingga 30,7%, mencapai Rp11,7 triliun, serta penyaluran kredit yang melonjak 40,5% menjadi Rp6,5 triliun. Tak heran, jumlah nasabah blu telah menembus angka 2,4 juta pengguna, menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin besar terhadap layanan perbankan digital ini.

RelatedPosts

Wajah Lama, Semangat Baru Maybank Indonesia

Menjaga Arus Kas dan Membangun Kepercayaan: Langkah Strategis WSBP di 2024

Dari Ruang Kecil ke Layar Dunia: Jejak Kreatif IniVindy yang Menginspirasi

“Transformasi digital melalui blu by BCA Digital tidak hanya memperkuat ekosistem Grup BCA, tetapi juga mempercepat pertumbuhan perbankan digital di Indonesia. Pendapatan operasional kami pun meningkat 70% menjadi Rp1,1 triliun, membuktikan bahwa inovasi dan ekspansi layanan telah berjalan optimal,” ujar Yoga T. Susilo.

Ruli Himawan Nugroho, Head of Marketing & Communications BCA Digital, menegaskan bahwa BCA Digital terus mengembangkan unique selling point (USP) sebagai pembeda dari para kompetitornya.
Beberapa inovasi unggulan seperti bluSaving—yang memungkinkan pembukaan hingga 20 sub rekening dalam satu akun utama—serta bluGether, fitur tabungan bersama untuk pengumpulan dana kolektif, menjadi bukti komitmen perusahaan dalam memberikan kemudahan dan keunggulan layanan kepada nasabah. Selain itu, kolaborasi strategis dengan berbagai platform ternama seperti Blibli, MRT Jakarta, CGV Cinemas, BINUS University, Garuda Indonesia, dan Kopi Kenangan semakin memperkaya ekosistem layanan BCA Digital. Kolaborasi ini memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan perbankan secara seamless tanpa perlu berpindah aplikasi, menciptakan pengalaman digital yang mudah dan nyaman.

Tidak hanya itu, BCA Digital juga menghadirkan bluAccount for Teens—layanan perbankan khusus untuk anak muda yang masih di bawah pengawasan orang tua. Dengan fitur ini, bahkan anak-anak yang belum memiliki KTP dapat belajar mengelola keuangan sejak dini. Pencapaian ini terbukti dengan rekor MURI yang dicapai oleh #bluAcademy Teens Guide Into Finance (TGIF) pada 30 Januari lalu. Dalam inisiatif hybrid tersebut, 350 peserta dari berbagai wilayah Indonesia turut meramaikan acara, sementara data per 31 Desember 2024 menunjukkan lebih dari 2.500 pengguna bluAccount for Teens dengan rata-rata saldo mencapai Rp1,1 juta per rekening dan total DPK mencapai Rp2,9 miliar.

BCA Digital tak hanya berfokus pada pertumbuhan finansial, melainkan juga pada dampak sosial dan lingkungan. Melalui rangkaian inisiatif seperti #bluBuatBaik x Rekosistem, BCA Digital Volunteer Program ‘bluForce #BuatBaik’, serta bluAcademy, perusahaan berupaya mewujudkan konsep keseimbangan lewat tiga pilar utama: people, planet, dan prosperity. Upaya edukasi finansial melalui inisiatif-inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, terutama di kalangan generasi muda, sehingga mereka dapat mencapai resolusi finansial secara mandiri.

Melalui talkshow “Ngobrol DUIT”, BCA Digital menegaskan bahwa komitmen mereka untuk terus berinovasi dan mengedukasi masyarakat merupakan bagian integral dari strategi pertumbuhan Grup BCA. Dengan memanfaatkan teknologi digital, BCA Digital siap menghadapi tantangan serta memanfaatkan peluang yang ada di industri perbankan digital yang terus berkembang.
Ke depan, BCA Digital akan terus menghadirkan layanan yang relevan, seamless, dan terpercaya, sekaligus menginspirasi generasi muda untuk lebih cerdas dalam mengelola keuangan.

Dengan inovasi dan dedikasi yang konsisten, BCA Digital semakin mengukuhkan posisinya sebagai pelopor dalam transformasi digital perbankan di Indonesia, membawa perubahan positif bagi seluruh nasabahnya dan masyarakat luas. (EHS-01)

ShareTweetPin

Related Posts

Wajah Lama, Semangat Baru Maybank Indonesia

April 21, 2025
Menjaga Arus Kas dan Membangun Kepercayaan: Langkah Strategis WSBP di 2024

Menjaga Arus Kas dan Membangun Kepercayaan: Langkah Strategis WSBP di 2024

April 21, 2025
Dari Ruang Kecil ke Layar Dunia: Jejak Kreatif IniVindy yang Menginspirasi

Dari Ruang Kecil ke Layar Dunia: Jejak Kreatif IniVindy yang Menginspirasi

April 21, 2025
BRI Flash: Solusi Keuangan Cepat dan Praktis Pasca Mudik dari BRI Finance

BRI Flash: Solusi Keuangan Cepat dan Praktis Pasca Mudik dari BRI Finance

April 11, 2025
Menebar Manfaat, Membangun Harapan: Kisah Inspiratif PT Agincourt Resources di Batang Toru

Menebar Manfaat, Membangun Harapan: Kisah Inspiratif PT Agincourt Resources di Batang Toru

April 11, 2025
Tarif Tak Terduga dan Gejolak Pasar: Ketika Langkah Berani Mengguncang Dunia Investasi

Tarif Tak Terduga dan Gejolak Pasar: Ketika Langkah Berani Mengguncang Dunia Investasi

April 11, 2025

POPULAR

  • Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    Balaraja City Square Bangkit Kembali Bangun Pasar Laris SAIMAN Untuk Pedagang Dan Pengusaha Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • LindungiHutan Dorong Aksi Nyata untuk Lingkungan di Hari Bumi 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sepak Terjang dan Profil Dirut PLN Darmawan Prasodjo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Kelas Anak Usia Dini Jadi Laboratorium Kreativitas: Gagasan Prof. Farida Mayar di Hari Pengukuhannya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sudah Tujuh Tahun Berturut, Aice Raih Top Brand Award

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Olah Raga
  • Digital
  • Budaya
  • Hiburan
  • Ragam

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

No Result
View All Result
  • Home
  • Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Redaksi
    • Tentang Kami

© 2025 Makronesia.id - Support By eyepeMedia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In